Friday, May 22, 2015

Macam Kain Satin





Kain Satin merupakan jenis kain yang memiliki permukaan mengkilap serta licin, namun bagian belakangnya suram. 
Ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi ya, karena masing-masing toko punya sebutan sendiri-sendiri untuk kain satin yang dijualnya.
Jangan berharap bisa membedakan kainnya hanya dengan melihat fotonya. Karena membedakannya ya harus dipegang kainnya.

KAIN PELES
Perkenalan saya dengan satin ini dimulai dengan Kain peles, atau ada yang bilang habutai. Kain peles ini dijejer oleh toko di deretan kain Silk. Kain peles tidak terlalu mengkilap, tipis dan amat kaku. Saya pertama kali belajar membuat rosebud dengan kain ini. Alasannya ? tentu saja karena harganya murah . Hahaha....

SILK
Kain ini sering dibuat untuk umbul-umbul atau bendera. Lebih mengkilap dari peles tapi lebih tipis dan seratnya agak kelihatan. Yang ini juga sering digunakan untuk furing. Saya belum pernah pakai kain silk ini.

SATEEEN
Bacanya juga harus Sateeen ( kelihatan giginya ). 
Ini kain yang jamak digunakan untuk membuat roseburn, rosebud, rose..rose atau kanzashi atau bunga jenis lainnya. Ketebalannya pas dan kilapnya juga bagus.
Waktu belanja di salah satu toko di pasar karangploso, saya sempat bingung karena si mbaknya nanya kain satin yang apa. Saya jawab ya kain satin yang biasanya. Dia menunjukkan satin air, dan saya bilang bukan. Baru kemudian dia ngeh " Oh sateeeen " giginya harus kelihatan waktu ngomongnya. :p
Harganya tentu saja lebih mahal dari peles dan silk

SATIN AIR
Lebih halus, lebih ringan dari satin biasa. Kain ini kalau dibakar wangi. Kelopak roseburn yang dibuat dari satin air melengkungnya tidak bisa "bulat ". Membakarnya pun harus hati-hati ,butuh konsentrasi tinggi karena kalau  terlalu dekat dengan nyala api. ujungnya jadi keriting.
Tapi meski begitu, bucket bros roseburn yang dibuat dengan satin ini kelihatan lebih mewah dan elegan.
harganya lebih mahal dari ketiga satin di atas plus lebih mahal dari satin jeruk.

SATIN JERUK
Permukaannya bergelombang kasar seperti kulit jeruk, beberapa kelihatan ada glitternya, mengkilap.
Kain ini paling nurut kalau dibakar, melengkungnya sempurna "bulat" penuh. Di foto juga terlihat "bulat". Harganya lebih murah dari kain Satin Air

SILK ITALY
Ini kain untuk gaun. sayang kalau dipotong buat bikin bros. Kainnya haluuuuuus..sangat ringan, jatuh di badan. Ya iyalah...wong untuk gaun. Harganya tentu lebih mahal dari semua satin. Tapi Satin jenis ini juga masih banyak macemnya. Terus terang saya ga ngeh dan ga peduli. Wong ga bisa dibuat aplikasi kok :p

Penggolongan kain satin di atas adalah berdasarkan pengalaman saya berbelanja dan hasil wawancara dengan mbak-mbak di toko kain. Ada lagi penggolangan lain berdasarkan bahan pembuatnya. Tapi saya pikir malah dibuat puyeng crafter yang baca. Jadi saya tulis yang standar aja ya..
Mudah-mudahan bermanfaat