Friday, March 9, 2018

Jenis Kain Bertekstur untuk Aplikasi


Sumber: Google

Di kalangan pengrajin aplikasi untuk bros, kain Ceruti, Diamond Crepe, dan Bubble Crepe menjadi salah satu pilihan utama untuk membuat aplikasi bunga bakar setelah kain sifon dan Asahi yag halus.
Kain Ceruti biasanya dipilih sebagai pengganti kain sifon karena lebih tebal dan lebih mudah untuk dibakar.
Bahan kain Crepe adalah bahan kain yang mempunyai tekstur kasar mirip kulit jeruk. Bahan kain Crepe ini sering digunakan sebagai bahan hijab atau gamis.
Crepe memiliki banyak pilihan tekstur dan jenisnya yang bervariatif. Tekstur paling kasar adalah Bubble Crepe sedangkan yang paling halus adalah Woly Crepe.
Selain digunakan untuk bahan hijab dan gamis, aksesori berupa bros juga sering menggunakan kain ini. Yang menjadi favorit para crafter adalah Diamond Crepe dan Bubble Crepe.


Kain Ceruti

 
Sumber: Google


Ceruti adalah turunan dari kain sifon. Dibandingkan dengan kasin sifon, kain Ceruti lebih tebal, tidak menerawang dan teksturnya terasa jika diraba. Kain ceruti juga tidak melar jika dibandingkan Diamond Crepe atau Bubble Crepe. Bahannya lebih berat dari kain sifon dan jatuh jika digunakan untuk hijab.

Kain Diamond Crepe


 Diamond Crepe disebut juga Diamond Georgette. Kain ini mempunyai tekstur lebih kasar jika dibandingkan dengan Kain Ceruti. Jika Ceruti tidak melar jika ditarik, Diamond crepe lebih lentur dan lebih tebal dibandingkan dengan kain Ceruti. Paling bagus digunakan untuk bunga bakar. Baik itu gardenia maupun bloomy karena "menurut" jika dibakar dan lebih tebal dibanding Ceruti.

 Kain Bubble Crepe



 Kain ini teksturnya sangat jelas. Bergelombang seperti gelembung (bubble). Lebih berat dari Diamond Crepe dan lebih lentur. Bubble Crepe merupakan pilihan terakhir crafter aplikasi bunga karena selain harganya mahal, teksturnya tidak cocok untuk bunga bakar atau aplikasi bakar lainnya.