Wednesday, March 14, 2018

HOOP-La!



 HOOP-La! itu judul buku tentang embroidery hoops atau midangan bahasa jawanya.
Saya sukaaa bikin hoopart. Buku craft impor ini dikasih sama Nana Ai...:p
Saya enggak pernah beli buku craft sebenarnya. Karena pasti enggak dibaca. Saya kan tutophobia, langsung puyeng kalau baca step per step.
Di buku ini enggak ada steppingnya. Cuma contoh-contoh karya. Pada dasarnya sih Hoop ini sebagai kanvas. Bisa dibikin apa aja. Enggak harus buat sulam. Bisa dibuat karya lainnya.


 Bagian tepi hoop juga bisa divariasi. Ada yang dililit sama kain, sama washi-tape atau renda. Ada juga yang dirajut.
Selain itu, hoop disini ternyata bisa disambung jadi satu. Dibikin kayak album foto gitu


 BTW, masih belum nemu buku hoop dari crafter Indonesia. Bikin gih!
Saya? hahaha..entah deh.
Masih berharap penerbit bisa lebih mendukung crafter dengan menyediakan jasa foto produk dan stepping. Terus terang, setiap naskah saya selalu mentok di situ. Masak kirim foto yang dijepret pakai hape. Jadinya ya enggak banget.
Berharap juga buku craft Indonesia lebih mengedepankan unsur art-nya.
Dari buku-buku craft impor yang saya punya. Foto-foto karyanya itu handmade banget. Enggak sempurna dan kelihatan kalau buatan tangan.
Someday. Semoga.

Beberapa Hoopart yang sudah saya buat. Hoopart palling susah sebenarnya yang monokrom. Biasanya customer minta foto diri. Susahnya adalah memindahkan foto itu menjadi bentuk ilustrasi dengan ekspresi yang pas. Pasti mabok deh kalau ngerjain ini.
Ini salah satu contohnya. Lainnya lihat aja di IG: Vevesworld atau scroll postingan di blog ini.
Mau cobain bikin?
Bikin yuk!