Sunday, February 13, 2011

KATA VEVE HARI INI


Kalau kau mempunyai seorang anak yang sudah bisa membaca, kau tidak akan bisa menyembunyikan apapun darinya. Veve sedang giat-giatnya membaca, dan dia bertanya apa saja kata-kata yang baru dikenalnya. Sejauh ini dia sudah bertanya tentang NUKLIR, PERFEKTUR, bahakan tentang apa itu JANIN, karena ia membacanya di iklan larangan merokok. Kali ini dia bertanya tentang SUNAT, karena MAIL dari Upin - Ipin tidak menjelaskannya di film.........
Minggu, di depan TV setelah Upin-Ipin 6.pm

Veve : " Mami, di sunat itu diapain ? kok kata Mail dipotong..... apanya dipotong ?"
Mami: ( Aku sudah tahu kalau veve akan bertanya seperti ini. Wa.... penulis skenario Upin-ipin sungguh pintar,...... ) " Burungnya yang dipotong " ( oke,..... ini juga salah ...)
Veve : " Kenapa dipotong ?"
Mami: " Bukan dipotong, tapi dibuang kulitnya sedikit " ( Ini yang benar,,,,,, )
Veve : " Kenapa harus dipotong ?"
Mami: " Biar kalau pipis ga sakit "
Veve: " Kalau cewek juga di sunat ?'
Mami : " Ga ... cowok aja yang disunat "
Veve : " Kenapa kalau cewek ga di sunat ?' ( Oh My God,..... Veve ga bisa berhenti bertanya... )
Mami : " mmmmm... soalnya kalau cewek pipisnya jongkok, kalo cowok pipisnya berdiri ???????" ( Kau harus memaafkanku atas jawabanku ini.... )
Veve : " Aku tahu mami kenapa cuma cowok aja yang disunat, soalnya ***** panjang, kalau cewek kan pendek  "
OK...... ini serangan jantungku yang kedua ... aku bahkan tidak bisa berkata apa-apa, jadi veve terus saja bertanya....
Veve: " Berarti papi juga disunat ? "
Mami : " Tau... ah... tanya dewe sama Papi ?" ( Waktunya melarikan diri...... )
Veve berdiri dan lari menuju ke kantor, Papinya membaca koran.... " Papi........ " 
Mami : Masuk ke kamar,.... sekarang aku akan pura-pura tuli dan buta...... entah apa jawaban Papinya, yang pasti, Veve tidak lagi bertanya padaku malam itu .......












Kadang-kadang aku merasa bersalah kalau mengajak veve mengajar kelas besar... anak umur 5 th harus mendengarkan dunia remaja 12-14 th... kau tahu maksudku kan ?... anyway, sebagai anak umur 5 th, bahkan pertanyaannya sungguh membuatku kehabisan kata-kat, beberapa menarik, beberapa mengejutkan, beberapa membuatku khawatir, jadi... kalau ada yang menarik, aku ingin membagikannya kepada kalian..

9 Februari 2011, 7 pm, lokasi : di sofa...

Veve : " Mami.... Tuhan bisa ga bahasa binatang ?"
Mami :  " Ya bisalah, kan Tuhan yang menciptakan binatang..."
Veve : " Bisa bahasa Kelinci juga ?"
Mami : " ????? ya iya lah....... "
Veve : " Kelinci kan ga bersuara mami..... "
Mami : " Ga pake bersuara Tuhan kan juga bisa bicara,..... "
Veve : " Aku tahu mami, gimana Tuhan bicara sama binatang yang ga bersuara ..."
Mami : " Gimana ???"
Veve : " Dibisiki.............., jadi Tuhan bisik-bisik ke binatang itu ....!!!"
Mami : (Aku berusaha tidak tertawa, tertawa adalah hal yang dilarang pada saat ini, atau veve tidak akan pernah bertanya lagi )  "  Hmmmm... betul juga, tapi ga pake bersuara Tuhan sudah bisa berbicara dengan semua yang diciptakanNya....."

VEVE BERTANYA TENTANG RAMBUT ????? ,  Sabtu 19 Februari 2011, 7 pm, Lokasi : Tempat Tidur

Mami : " Jangan ganggu ya Ve, mami ngantuk "
Veve : ( Sedang dalam misi " Ganggu mami supaya mau nemenin nonton TV , jadi pura-pura ga dengar ')
Veve : " Diam mami ya, aku cabut rambutmu, satu "  Ouch...
Veve : " Mami, di ujung rambut ini ada apanya ?"
Mami : " apaan sih ? " ( aku sungguh ngantuuuuuuuuk..... )
Veve : " Ini lo.... " ( Tangan veve memaksa mataku agar terbuka... )
Mami : " Apa sih ? oooo..... akar rambut itu... ( Hoaaaaaaah..... ngantuk.... )
Veve : " Akar rambut ? Mamiiiiiiii! rambut itu anggota tubuh apa tanaman ?
Mami : ( Ok, aku harus bangun sekarang, apa hubungannya rambut sama tanaman ? ) Kenapa ve ?
Veve : " isssssh..... rambut itu anggota tubuh atau tanaman ? kok ada akarnya ?
Mami : " Yang punya akar kan bukan cuma tanaman, rambut kalau ga ada akarnya ya ga bisa nempel di kepala dong..... , gigi juga punya akar...., makanya gigimu kalau sudah ganti gigi tetap harus dijaga, kalau ga, rusak, busuk kena akarnya sakit...... "
Veve : " Aku belum gosok gigi, ayo bangun mamiiiii, temeni gosok gigi "
Mami : ( Ok, misimu sekarang berhasil !!!!!! BAGUS veve !!!! mami sekarang terbangun...... !!! Awas ya, kalo abis gosok gigi ga mau tidur !!!! ) @#$%^&**((@#$$

ABOUT KISS ??????
Sebelumnya kujelaskan dulu latar belakang pertanyaan ini :
Hari Sabtu ketika aku mengajar kelas besar, seseorang bertanya padaku tentang C.I.U.M.A.N, well kalau kau adalah remaja 12 -14 tahun,,, this topic was a HOT TOPIC... jadi mereka mendapatkan perhatianku karena itu. Beberapa anak mulai ribut ingin mendiskusikannya. Aku tidak menjawabnya hanya menjanjikan bahkan kita akan membahasnya someday,.... quickly....
Hari Senin , Lokasi di " ruang tamuku " , 5.00 am
( veve sedang memainkan " The bee ", Papi membaca Alkitab, aku duduk memperhatikan Veve )
Mami : " Papi, kemarin anakku di kelas besar bertanya tentang Kiss "
Papi : " Hmmmmmm.... "
( Ketukan veve mulai ngawur, sekarang dia salah menekan tuts " re " yang seharusnya " mi " )
Mami : " Mereka bertanya .... boleh ga ????? aku jawab dengan tegas GA BOLEH !!!! " ( kalau kalian punya argumen yang lain, then share with me... )
Papi : " Hmmmmm........ "
( veve berhenti bermain dan mengucapkan pertanyaan yang membuatku collaps )
Veve : " Kalau di tempat sepi boleh mami ?"
Papi : " Ha??????? "
( Jantungku rasanya berhenti berdetak, aku shock..... )
Mami : " Ga boleh, ya Ga boleh.... mau di tempat sepi, tempat ramai,.... tidak boleh...... Boleh nanti kalau sudah menikah mengerti !!!!! "
Veve : " Mami.... kaget aku...... jangan keras-keras... aku kan cuma tanya ???"
( veve,Thanks GOD tidak meneruskan pertanyaannya, sekarang di berganti memainkan twinkle-twinkle little star, Papi menatapku dengan pandangan bertanya )
Mami : " Ya ini akibatnya kalau ikut aku mengajar di kelas besar...... "
By the way....... aku akan mengirim veve jauh-jauh dari kelasku mulai minggu depan, membuatnya sibuk atau apalah....... sigh...... >"<....

Selasa, 6.10 am. Lokasi.: di kamar tidur...
Veve sedang mempersiapkan tasnya..
Veve : " Mami, penghapusku hilang..... "
Mami : " Lagi ? ck...ck....ck.... ini sudah lima kali...... kau apakan penghapus itu ? " >"<
Veve : " Di pinjam temanku.... aku ga menghilangkan kok.... "
Mami : " Dipinjam kok ga di kembalikan.... diminta kalau dah selesai ..."
Veve : " Sudah... tapi lo... sudah hilang.... "
Mami : " Ha...... o_o, setiap dipinjam hi;lang, ntar dipinjam lagi hilang lagi... Ga usah pinjamin wes.. "
Veve : " Loooo. jangan Mami, nanti kalau aku pelit ga punya teman loooo ...." ( Ouch !!!!! aku yang mengajarkannya..... )
Mami : ( Take a deep breathe..... ) " Ok,.... Mami  belikan lagi.... tapi sebelum pulang sekolah harus di periksa dulu ya... kalau hilang dicari dulu..... "
Veve : ................


Well, seseorang harus disalahkan atas peristiwa ini. Bukan hal yang besar tapi membuatku kesal...
Veve tak bisa disalahkan, argumennya tepat ( Bukankah kita para orang tua yang mengajarkan agar anak-anaknya mau berbagi ? supaya punya banyak teman ? )
Dan bagi anak TK, penyelesaian yang paling realistis adalah membiarkan penghapusnya hilang.
Jadi aku akan menyalahkan GURUNYA.... dan itu berarti aku menyalahkan diriku sendiri.
Kejadian  yang sama terjadi di kelasku ( Kelas kecil ), Roni kehilangan tempat pensilnya, kezia kehilangan ballpointnya, ratih kehilangan penghapusnya, Via kehilangan pensilnya.
Sebagai penyelesaian Aku akan membiasakan anak-anak untuk memeriksa setiap peralatannya sebelum meninggalkan kelas, dimulai dari sore ini....... This is win-win solutions..... Agree ????