INSTAGRAM,SFS, dan ENDORSE






Sebelumnya, postingan ini saya buat ga terlalu mendetail ya, karena sebenarnya saya sendiri ga terlalu bener banget dalam mengelola akun saya di instagram, jadi yang saya bahas yang saya tahu dan saya benar-benar mengerti ajah..oke???

Instagram, apa dan bagaimana

Instagram adalah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram. Sekalinya upload foto, bisa langsung dishare di Facebook, twitter, tumblr, flickr, etc..
Saya suka upload di instagram, lebih cepet ketimbang upload di FB
Awalnya memang dibuat oleh apple untuk android, tapi sekarang main instagram di pc bisa juga kok. Jangan tanya juga knapa ga semua andro mendukung fasilitas instagram ini. Saya ga ngeh dengan spech software jaman sekarang.. entah itu cookies, jelly beans or whateva... biar aman, waktu beli andro minta sekalian instal instagramnya di counter :D

Jualan di Instagram

Buat crafter penjual, tentu saja ini salah satu media buat jualan. Sama seperti di FB , sebenarnya instagram juga ga memperbolehkan kita jualan, kan tujuannya buat share foto, instagram ini media sosial, buat bersosialisasi, bukan buat jualan. Makanya belakangan banyak OS yang followernya banyak yang suka nyepam juga tiba-tiba dihapus akunnya.
Setahu saya, Crafter yang jualan di instagram belum begitu banyak dibandingkan dengan yang jualan di FB , sebenarnya ini lahan baru juga, karena instagram masih didominasi dengan customer yang menengah keatas.
Biasanya tidak ada transaksi di akun instagram penjual, makanya selalu ada japri yang disertakan diketerangannya nope, no WA, LINE, pin BB dsb..
Senangnya di instagram, ada bantuan tanda hastag #, tujuannya ya sama seperti tanda hastag lainnya, ngumpulin postingan di satu kategori. Jadi nyepam yang aman pake hastag aja yang banyak hihihi...

Tapiiiiiii....tetep aja ada yang buat jualan...nah dibawah ini ada beberapa istilah yang sering dilihat di instagram:

SFS
SFS singkatan dari Shoutout For Shoutout, artinya mmmm....kalau diterjemahkan secara harafiah ya saling berteriak..hihihi, tapi SFS disini artinya satu online shop mempromosikan banyak online shop lain, ya mirip-mirip tepe-tepenya mba Hannie Dicho deh...
Akun yang sering melakukan SFS biasanya akun yang followernya banyak, sekitar 10 K keatas, iyalah, namanya juga promo, biar banyak yang lihat, followernya juga harus banyak.
Contoh SFS yang sering promo di timeline saya itu PinkyMarket, produknya macem-macem..denger-denger di pinkymarket sfsnya bayar booo...
Jadi anggota online pelaku SFS ada yang bayar, ada juga yang ga.bayar, yang bayar juga ada macem-macem, ada yang bayar per slot, ada yang sistemnya hapus tiap 3 jam, ada juga yang bayarnya borongan. Karena saya ga pernah ikutan SFS ini, jangan tanya bagaimana cara mo ikutan ya...:)
Sejujurnya, akun yang sering melakukan SFS ini cukup mengganggu juga, sekalinya upload bisa puluhan foto, menuh-menuhin timeline aja, jadinya saya sering unfollow mereka. maapkeun...

Endorse
Endorse itu adalah salah satu bentuk kerjasama olshop dengan artis di mana si olshop ngasih produknya gratis untuk si artis dengan syarat si artis harus berfoto dengan produk yang dikasih dan memberi testimoni.
Jadi yang sering beredar di selebgram, pasti pernah baca koment " Sist, endorse doong...langsung LINE yaa....", nah banyak olshop yang sering nyepam di postingan fotonya artis seperti itu, tujuannya ya biar si artis mau make barang yang dijual.
Saya pernah komen begituan, tapi komen di foto artis korea, boro-boro di respon, dibaca aja kagak....hahahahaha....

Jualan di media mana saja sebenarnya aturannya cuma satu, etika.
Bagaimanapun media sosial adalah tempat berinteraksi dengan orang banyak, asalkan jualannya ga mengganggu, it's ok buat nyepam.
Segini aja dulu ya..ntar kalo ada yang menarik saya update lagi
Happy crafting !

Comments

Popular posts from this blog

Rambut Singa

Titik Jenuh

Lockwood & Co Series