Tuesday, June 9, 2015

FANPAGE




Beberapa hari yang lalu, saya dibuat deg-deg plas karena akun pribadi yang tiba-tiba log out sendiri. Saya langsung waspada. Kemungkinannya adalah akun diblokir sama pihak FB atau ada yang mencoba meretas akun saya. Kalau akun saya diblokir oleh FB, saya pikir akun saya akan diubah sepihak menjadi page, karena kuota pertemanan yang hampir habis dan aktivitas jual beli yang aktif saya lakukan di akun pribadi. Pengalaman ini mau tidak mau membuat saya balik lagi ke FP yang udah lama ga tersentuh. Oke deh, mari sapu-sapu, bersih -bersih toko, nurut sama peraturan Om Mark. Yang baru atau sedang mengelola FP, berikut ada artikel yang mungkin bisa bermanfaat. Saya copas dari diskusi saya dengan penghuni grup H2C.

A. APA DAN KENAPA FP
Sejarah FP :  FB ditujukan untuk interaksi sosial, bukan sebagi media komersil, tetapi seiring berjalannya waktu., mulai banyak yang melaporkan kalau FB digunakan untuk tujuan komersil. Maka untuk menfasilitasi hal ini, maka dibuatlah FP.( FanPage )

FanPage ini tidak hanya untuk tujuan komersil contohnya FP saya Veve's world ada pula yang untuk non komersil, contohnya FP Keo&Noaki. Kita fokus di yang komersil saja ya... alias yang untuk Bisnis.
 
Beberapa pertanyaan terkait FP : 
- Apakah bisa FP dibuat dari hp? 
Jawab : Bisa saja, tergantung dari kapasitas hpnya.. hp jadul bisa masuk sampai entry data tapi habis itu blank karena kehabisan memory, untuk hp yang kerenan dikit bisa dicoba buka FB melalui opera mini , ubah dulu mobile site ke full site.
- Mengelola FP dengan android
Bisa banget. untuk BB dan android ada fasilitas PAGE MANAGER, silahkan di donlot dan taraaaa.. semuanya bisa, cek inbox, cek statistik, posting, upload foto... dsb

B.TAMPILAN FP SAYA
FP ibarat toko kita didunia maya, seperti halnya toko offline, FP pun harus dibuat secantik mungkin.
Karena ini bahasan tentang tampilan FP, silahkan intip dulu FP masing-masing.
Sudah.. yuk mulai :
1. Nama FP.
sebaiknya pilihlah yang mengandung unsur yang anda jual.. misalnya jual bros... pilih nama yang ada kata brosnya... tapi nama lain pun boleh.. hanya saja kita memerlukan proses branding untuk memperkenalkan nama FP kita. Apa pengaruhnya ? nama berpengaruh karena Fans cenderung melupakan hal-hal yang rumit, nama sederhana atau uniik cenderung lebih diingat, hal ini juga berpengaruh di pencarian Google.
FP dengan likers kurang dari 200 masih bisa diganti nama, yang udah 200 tidak bisa lagi.

2. FOTO SAMPUL
Dagangan pun harus di display biar kelihatan. pasang foto sampul ukuran besar dengan tulisan FB kita, nope, alamat email atau Blog

3. STATISTIK
Untuk mengelola  FP, FB menyediakan fasilitas Wawasan ( statistik ) sebagai acuan melihat perkembangan FP.  Banyak yang cenderung mengabaikan statistik ini, padahal data ini diperlukan untuk memahami fans kita...lihat dan perhatikan postingan apa yang paling banyak yang dilihat, seberapa luas jangkauan kita, seberapa banyak yang berinteraksi, bahkan umur yang menjadi likers kita kelihatan..

Statistik yang paling kelihatan adalah jumlah Likers, jumlah Yang membicarakan, dan yang pernah berada di sini.

Jumlah persentase TAT dapat dihitung dengan cara jumlah yang membicarakan dibagi jumlah likers dikali 100 %, jika lebih dari 10 % maka FP dikatakan sehat walaupun belum tentu rapotnya hijau semua

Pertanyaan yang sering ditanyakan adalah bagaimana panah merah bisa berubah menjadi panah hijau ?
Panah merah pada tampilan statistik adalah tanda kalau beberapa hal penting dalam FP menurun, misalnya jangkauan, jumlah likers, jumlah interaksi, dll
Caranya supaya jadi hijau... harus dengan proses...
C. POSTING , NYAWA SEBUAH FP...
Hidup matinya sebuah FP tergantung dari postingan kita. Semakin rajin postingan kita.. FP semakin sehat.
Seperti acara TV, likers juga illfil kalo FP kita isinya iklan melulu.. jadi isi FP dengan macam-macam postingan.
Jadi apa dong isi postingan FP kita?

Oke... so here we go :

1. Tentukan Pangsa Pasar produk anda
Postingan harus sesuai dengan pangsa pasar anda... reseller kah?, end user kah?, crafter yang juga reseller kah?, ibu-ibukah ? , anak kuliah ? dan sebagainya

2. ISI POSTINGAN
Isi postingan bisa beraneka macam. mulai dari Produk anda, Wise word, KUIS, Artikel, Tutorial,bahkan mau posting gosip pun boleh... tapi tanggung sendiri resikonya ya...
yang harus diperhatikan adalah bagaimana anda memposting hal-hal tersebut di atas .
- Jika memposting Artikel , Tutorial, Pola.. pastikan mencantumkan sumbernya kalau itu adalah hasil copas. jangan sekali-kali mengklaim atau bahkan menghapus watermark dan menggantinya dengan milik anda. sekali ada yang tahu.. kredibilitas FP anda akan hancur... hiks..
- Om mark paling suka artikel original dibandingkan yang copas. Artikel Original ini juga berpotensi besar untuk bisa bumping berkali-kali lagi..
- Uploadlah foto pola atau tutorial satu persatu di wall jangan langsung menambahkannya ke dalam album. - Posting di jam-jam sibuk anda masing-masing.. karena tiap-tiap akun punya jam sibuk sendiri-sendiri
- Bagikan postingan anda paling tidak dengan akun anda sendiri... lumayan menambah poin TAT
- Setiap postingan hendaknya mengandung unsur CTA ( Call TO Action ), sehingga likers tergerak untuk minimal Like..
Like mempunyai nilai terendah, diikuit dengan komen , dan share yang nilainya paling tinggi. Jangan ragu untuk meminta LIKE atau SHARE...
- Postinglah minimal 5 x sehari dengan jeda waktu kurleb 2 jam

3. POSTINGAN BERJADWAL
Anda tidak harus rutin menyalakan PC atau lappy setiap hari..gunakan fasilitas posting berjadwal.. caranya di kolom ketika kita menulis status ada pilihan terbitkan dan tanda panah, klik panahnya dan jadwalkan.... saya biasanya menjadwal postingan selama 3 hari ke depan... dan postingan anda akan terbit sesuai jadwal.


FACEBOOK ADS

Facebook Ads adalah sarana iklan yang disediakan oleh Facebook untuk mengiklankan Fan page kita.
Keuntungan dari Facebook Ads adalah iklan kita tertarget. JAdi kita bisa menentukan sendiri siapa yang menjadi sasaran kita, berapa kisaran umurnya.. bahkan lokasi yang diinginkan.
selain itu Budget iklan per hari juga bisa kita tentukan sendiri, nanti FB yang akan mengelolanya.
Jenis-jenisnya yaitu :
1. MArket Place
Jenis iklan ini muncul disebelah kanan beranda kita.. yang diiklankan adalah fanpage kita
2. Promote Post
Jenis iklan ini mempromosikan postingan di page kita.. jadi munculnya di wall, bukan di sidebar sebelah kanan.
3. Page Post
Postingan kita diiklankan tetapi di sebelah kanan alias di side Bar, bukan di wall.

Cara pembayaran :
Namanya iklan... ngiklan ya harus bayar... cara pembayaran iklan Facebook Ads ada 3 yaitu ;
1. Menggunakan kartu kredit
2. Menggunakan Paypal ( harus pake kartu kredit juga )
3. Coupon ( yang ini memang lebih murah.. tapi hanya untuk akun fb yang umurnya kurang dari 14 hari...

Terus terang saya belum seberapa paham soal iklan ini, pertama karena untuk ngiklan harus punya kartu kredit jadi saya belum pernah nyoba karena ga punya kartu kredit , kedua.. membuat iklannya pun agak rumit.. banyak tool yang harus dipelajari.. belum lagi kapasitas iklan yang harus kita tentukan sendiri.

Jadi kalau ada yang sudah pernah pake Facebook Ads.. monggo disharing pengalamannya...

Kalau berdasarkan wawancara dengan teman yang pernah ngiklan sih.... kalau isi iklan kita bagus dan mengundang ( maksudnya isi iklan dan kata-katanya menarik ) pertambahan likers lumayan... cuma kalau isi iklannya sama aja dengan postingan kita biasanya..ya... sayang budget yang kita keluarkan.

Saran saya sih... memakai Facebook Ads hendaknya kalau kita sudah benar-benar siap, siap dalam hal materi, siap dalam hal budget dan siap dalam hal pemasaran.

Note : Facebook Ads ini sering sekali berubah aturannya, yang terbaru saya sama sekali ga ngeh. Tapi sekarang VCC udah diperbolehkan lagi sebagai alat bayar.
Masih banyaaaaaak hal tentang Facebook Ads. Saya pusing kalau harus melakukan riset. Cari sendiri ya..