Monday, December 1, 2014

TSUNAMI FANPAGE

Yang berharap tips dan trik tentang Fp.. silahkan kecewa.. hahahaha.. saya tidak akan membahas tips dan triknya lagi.
Tahun kemarin Badai sweeping om Mark tidak sampai menimbulkan kepanikan seperti sekarang, masih banyak yang cuek dan ogah memindahkan dagangannya ke Fp.
Tahun ini, mungkin karena makin banyak yang bandel. pihak FB lebih tegas menindak para pedagang bandel ini.
Saya senang banyak yang bersemangat memindahkan dagangannya, tapi juga ikutan sebel kalau ada yang nyinyir..
" Ngapain juga itu Om Mark pakai sweeping-sweeping segala. beranda- saya pribadi kok, suka-suka saya ye..."
 Nah elu ada di rumahnya siapa ?
Kita ini kan numpang di rumahnya Om Mark...mau dia sweeping, mau dia block, mau dia banned. ya suka-suka dia dong... makanya pintar-pintarlah memanfaatkan "rumah" ini..jangan sampai kita yang dikendalikan dia, tetapi kitalah yang mengendalikannya..
Sekali lagi ... semuanya berpulang kepada kita sendiri, mau ga mengikuti aturan yang ada.

" Fpku nantinya sepi,...ga ada yang lihat dan mampir..enakkan jual pakai akun pribadi saja.."
Lah,.. situ niat jualan tidak ?.. ibaratnya punya toko, kita kan setiap hari tinggal di toko kita, bersih-bersih, display produk, promo..lakukan aja tiap hari di FP..Likers datang sendiri..

" Susah ngumpulin likersnya nih....."
FP saya tertinggal jauuuuuuuh dari teman-teman yang seangkatan, atau yang bersama-sama dengan saya mengelola FP dulu, salahnya dimana ?
Salahnya.. saya jarang tebar link, belum pernah mengadakan GA secara terbuka, males meminta like dan share...dan lain, dan lain..
Ingat ya teman-teman, jumlah likers bukan berarti transaksi di FP kita langsung melonjak.. dulu ada teman-teman yang likersnya ga sampai 500 tapi aktivitas  jual belinya padat banget di FP. Kenapa?
Teman saya ini berjualan alat dan bahan craft, likersnya adalah para crafter, nyemplungnya di grup crafter...jadi..likersnya adalah likers yang berpotensi untuk membeli.
Ada juga seorang teman  crafter yang berjualan aksesoris, sekalinya promo.. FPnya nongol terus menerus di wall..isi FPnya display produk yang cantik-cantik.. tidak ada album tutorial seperti FP milik crafter, kenapa ? karena pangsa pasarnya adalah end user. Sekalinya promo, cuma3-7 hari.. habis itu langsung close order berminggu-minggu...Nah... Likers anda haruslah pangsa pasar anda...catat !!

" Gimana nih caranya membuat postingan yang menarik ?"
Pangsa pasarnya siapa ? Crafterkah, ibu-ibu muda, anak sma dan kuliah ? ibu pejabat? reseller?
Isi FP ya sesuaikan dengan pangsa pasar anda....cari tahu apa yang jadi kebutuhan pangsa pasar anda.bikin postingan semenarik mungkin..yang mengundang interaksi dari pengunjung Fp. Caranya mami.....cari sendiri yah... buanyaaaaak yang membahas ini.. mau pakai cara underground juga bisa..tapi tanggung sendiri akibatnya :)

" Rempong nih kalau harus tiap hari mikirin postingan "
nyettatus pakai akun pribadi 2 jam sekali bisa..berarti bisa dong nyetatusnya pindah di FP?...
Lagian ada fasilitas postingan berjadwal di FP..pakai ini kan beres...tokonya jalan sendiri..

" Pakai iklan berbayar aja ya.., biar likersnya cepet tambah "
Ingat! iklan itu tujuannya untuk menambah omzet...bukan untuk sekadar menambah likers doang.
Pertanyaannya.. sudah siapkah kita memakai iklan berbayar ?
Untuk memakai iklan berbayar, kita harus punya kartu kredit( ga punya kartu kredit juga bisa sih pakai jasa broker iklan..tapi biayanya juga nambah ), kita juga harus mengerti tool yang dipakai untuk membuat iklan, harus menentukan pembagian space per iklan, harus ini, harus itu...
Yang lebih penting.. kalau sudah ngiklan dan order datang bertubi-tubi, sudah siapkah kita secara materi dan produk yang kita jual..jangan sampai kita menolak order yang sudah masuk...kan sayang itu duit buat bayar iklannya.
Jadi yang sudah siap lahir dan batin , silahkan ngiklan..
Yang belum, pakai cara tradisional aja juga ampuh kok..

" Mami sok tahu deh.. FP mami juga jarang update "
Iya benar FP saya jarang update.. alasan utamanya adalah saya takut..
Takut Matre...kalau ada yang order via FP saya pengennya nerima terus..padahal kemampuan saya tidaklah sehebat teman-teman yang punya pasukan banyak. Belum lagi proyek sampingan saya.. hahahaha.. inilah kalau crafter maruk..

" Pede amat mami..memang kalau rajin ngisi FP orderan datang melulu ya ?
jawabannya : Emang kalau jualan laku melulu ya ?
Berjualan selalu ada resiko tidak terjual, nah sudah usaha belum?, promo lewat FP sebenarnya sangat efektif, kalau FP kita sehat. Pihak FB akan berbaik hati menampilkan kembali postingan kita secara random ( efek bumping ), menampilkan terus-menerus FP kita, bukan hanya di wall likers, tapi juga di wall teman likers, dan juga di wall teman-temannya Likers ( efek viral ).

Anyway,...berjualan dimana saja sebenarnya adalah sama..yang penting kita ingat etiket di mana kita berjualan,..dan yang penting, customer kita itu ada di dunia Nyata bukan di dunia Maya..maka dari itu..cantumkan semua alamat dan nomer yang bisa dihubungi, BB, Line, WA, alamat email.. apapun itu. Catat semua kontak dengan customer kita.
LAkukan branding setiap hari.. supaya nanti..kita tidak tahu ..kalau FB tiba-tiba kolaps..kena kiamat dunia maya, kita sudah membangun jaringan bisnis kita sendiri, jadi tinggal angkut ke dunia " lain " hahahaha..selamat ber-FP-rempong riaaa.. Semangat !!!