Bolder = Bunga Solder?


3 Januari 2023

Aku punya alat solder kain sejak 2018. Beli 150 ribu dengan 2 mata dan beberapa pola. Udah balik modal dengan keuntungan berlipat-lipat tentunya. Tujuan utamanya ya buat ngiris kain pake cetakan. Belum bikin yang aneh-aneh.

Kreasi kembangan  masih standar. Bunga 3d, tumpuk 3 lembar kasih mutsin dan diamond cangkang. Variasi bunga 3d ini sebenarnya macem-macem, terutama di bagian center. Sampai sekarang aku ga pernah serius mainan solder ini.

Baru ketika klien butik menyapa, aku mulai mencari sebenarnya alat ini bisa buat ngapain aja to.

Ngubek pinterest, youtube sambil googling, aku nemu dua keyword. Somebana dan Milinery.

Warna daun dan kelopak bunganya bergradasi

 

Somebana itu bahasa Jepang. Artinya Bunga yang diwarnain. Jadi Somebana itu teknik mewarnai tradisional Jepang yang digunakan untuk membuat bunga terutama dari kain seperti satin atau organza. Teknik ini didukung dengan alat spesial, yaitu solder.

Jadi, bukan kreasinya yang dinamakan Somebana, tapi tekniknya, alatnya disebut Somebana tools. Ini mau kugarisbawahi biar salah pengertian yang terjadi ketika Shibori booming dan bikin semua bros yang pake kain plipit dinamain Shibori, padahl itu salah kaprah.


 

Keyword kedua adalah Millinery. Millinery punya 2 pengertian, yaitu topi dan bebagai variasi aksesoris untuk wanita. Arti lainnya bisa juga merujuk tentang proses produksi topi, terutama untuk wanita. Artist yang mengerjakan biasanya disebut Milliner.

Topi Millinery itu contohnya kayak topi-topi khas bangsawan Inggris yang pake satu kembang gede. Nah, kembang-kembang itu juga dibikin dengan teknik pres panas, alias digurat-gurat, nyebutnya Milinerry tools. Beda dengan tools yang dipake orang Jepang, millinery tools ga pake solder. Jadi cetakannya pake gagang biasa ntr dipanasin ndadak di atas api atau dipanggang dulu di teflon.

Egg Iron Tools


Variasi mata cetakannya banyak banget

 

Penamaan alat ini juga unik-unik. Kalau bareng dengan teknik somebana, disebutnya Somebana tools. Tools ini yang pake solder, matanya aja diganti-ganti.

Kalau mbikin Millinery, disebutnya Millinery tools, ada juga yang nyebut egg iron tools coz salah satu matanya ada yang bulet kek telor.

Di Indonesia, kita lebih familier dengan Bolder. Entah siapa yang mencetuskan istilah pertama kali, mungkin Bolder itu singkatan dari Bunga Solder = Bolder.

Mata alat ini ada buanyak dan macem-macem. Masing-masing berguna menghasilkan tekstur yang beda-beda. Menggunakan alat ini juga tricky. Pengaturan panas harus pas, juga pas menggurat-gurat. Karena ternyata pola potongan memengaruhi hasilnya. Gelombangnya, lekukannya, juga arah menggurat itu ternyata ada rahasianya ben jadi cantik.

Aku sendiri udah sering pake teknik menggurat ini, baru aja kemarin nyobain teknik somebananya.

Jadi, mewarnai kain dengan teknik somebana itu main gradasi warna, kurleb samalah dengan teknik dye lainnya.

Ini bikinanku :D

 

Segini aja dulu deh ya ….

Nanti kalau aku bikin paper, tak riset beneran. :D


 
 
 
 
 

Comments

Popular posts from this blog

Rambut Singa

Lockwood & Co Series

TUTORIAL RAMBUT SINGA