DRAMABEANS : Gue Suka Gaya loe..

Saya stalker dan reader sejati web dan blog yang merecap  K-drama.
Setiap malam setelah nge cek inbox , komen dan jadwal postingan FP, saya langsung meluncur membaca recap K-drama yang terbaru.
Dramabeans, Soulsrebel, koalasplayground adalah 3 prioritas yang saya tuju.
Ada juga couch kimchi atau jooni, tapi jarang -jarang saya mampir di sana. Kalau di soompi sih , kalau saya lagi setresss nongkrong di sana, coz soompier itu ekspresif.. yaaa.. 11-12 menuju gila hahahaha...

Dari ketiga tempat favorit saya, Dramabeans adalah web yang paling ramai pengunjungnya. Saya sudah menjadi Beanie ( Sebutan bagi Dramabeans reader ) sejak kutukan Secret Garden melanda dunia.. wkwkwkwk lebay.com
Sebenarnya membaca rekap di Dramabeans butuh konsentrasi tinggi. Karena dari ketiga tempat itu, bahasa Dramabeans adalah Bahasa Inggris kromo inggil alias Bahasa Inggris yang dipakai kasta tinggi,, hahaha piye yo menjelaskannya.. pokoknya Bahasa Inggrisnya bukan bahasa yang dipakai sehari-hari deh... lain dengan koalasplayground atau softy di soulsrebel yang bahasa inggrisnya mudah dimengerti.
Tapi saya suka dengan cara para recapper menulis review dramanya, suka juga dengan diskusi para readernya.
Site Dramabeans menurut saya juga yang paling "bersih", tidak pernah ada artikel tentang gosip di sana, kalau gosip, koalasplayground biasanya update.

Dramabeans juga sangat profesional, sitenya selain memuaskan dahaga para k-drama lovers, juga paling tertib memasang iklan, ga bikin sakit mata yang mampir di sana, ga juga bikin sebel dengan iklan pop up..
Dan diskusi para readernya.. Luar biasa, satu episode drama bisa menghasilkan 200 komen bahkan lebih, dan yang dibahas berbobot, ga hanya membahas aktor-aktris yang main, mereka juga membahas ceritanya, detailnya, penulis dan sutradaranya juga dibahas. Komennya berkelas dan santun,  jika ada yang rusuh atau nyiyir, para reader yang lain dengan sangat sopan mempersilahkan si "nyiyir" untuk leave chat.
Saya suka...

Dramabeans dijalankan oleh dua runner, Javabeans dan Girlfriday, uniknya mereka bahkan tidak tinggal di Korea, mereka tinggal di Amerika, satunya di seattle satunya lagi di New york.
Kalau Ockola di koalaplaysground adalah seorang pengacara, Javabeans dan Girlfriday adalah mantan jurnalist dan editor , makanya tulisannya apik dan grammarnya hohoho.. perfect.
Mereka berdua ini misterius , tidak mengekspos kehidupan pribadi mereka, nama sebenarnya pun ga ada yang tahu...bikin readernya penasaran..termasuk saya.Bahkan ada yang mengira bahwa mereka sebenarnya satu orang karena gaya menulisnya yang hampir sama.
Saya juga suka dengan prinsip mereka. Mereka tidak menerima request rekap, tidak juga menerima komplain kalau rekapnya terputus ditengah-tengah episode, mereka menjalankan web mereka dengan aturan mereka, bukan karena permintaan pasar. Cek !

Recapper di Dramabeans bukan hanya Girlfriday dan Javabeans saja, ada juga yang lainnya, dan mereka semua ini direkrut dengan profesional, para recapper sebelum tulisannya tayang selalu discreening dulu oleh grilfriday, apalagi grammarnya..Girlfriday ahlinya. Dan sebelum diterima untuk merekap, mereka harus audisi dulu lho...

Dalam suatu wawancara dengan media korea , Javabeans bercerita bahwa dia memulai sitenya karena tidak ada site yang mengulas drama dengan detail, lama kelamaan, dia resign dari pekerjaannya dan fokus membesarkan dramabeans. Suka dengan kutipan wawancaranya kalo diterjemahkan kurleb begini.

" Awalnya adalah hobby, hobby yang membuat ketagihan. Tapi ketika kami mulai menjalankannya, kami mulai berpikir , kami juga punya tagihan yang harus dibayar, kami harus menaikkan view kami, kami juga harus bersaing dengan site lain yang juga melakukan hal yang sama ( Rekap), itulah motivasi kami ( menjadi profesional ). "

Anyway. Dramabeans bisa menjadi contoh bagaimana Hobby yang dijalankan secara professional bisa menghasilkan buah yang manis, bahkan dengan idealisme mereka ( ogah menuruti permintaan pasar ), Dramabeans selalu muncul di daftar pencarian pertama google kalau ada yang search pakai kata " recap " mereka juga sudah menerbitkan buku yang jadi best seller di kalangan K-drama Lover.

Satu-satunya yang saya kurang suka adalah, mereka kalah cepat dengan site lain dalam menayangkan hasil rekapnya. Tapi, itu bisa dimaklumi karena setiap rekap kan harus di screen dulu.
Meskipun demikian, Dramabeans tetap menjadi tujuan utama setiap K-drama Lover including me, meskipun sudah selingkuh dulu ke site yang lain. Hahahaha...






Comments

Popular posts from this blog

Coret Satu Lagi

Lockwood & Co Series

Mencuri Ilmu